Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Barito Kuala Tahun 2021

Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Barito Kuala Tahun 2021

MARABAHAN –  Dalam rangka untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Daya Saing Daerah, perlu didorong munculnya inovasi-inovasi melalui Peningkatan Pelayanan Publik, Pengelolaan Tata Kelola Pemerintahan dan Pemberdayaan masyarakat. Guna mendorong terwujudnya hal tersebut Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) menyelenggarakan Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten pada hari Rabu, (17/11/2021) di Aula Selidah Barito Kuala.

Disampaikan oleh Plt. Kepala Bappelitbang, Munadi, ST dalam sambutannya mengatakan tujuan dari di adakanya lomba inovasi ini jelas yaitu untuk mendorong tumbuhnya kesadaran baik dari SKPD yang nantinya akan berdampak pada masyarakat agar lebih berkarya, berkinerja dan berdaya inovatif serta harapannya agar tumbuh para inovator-inovator baru.

Kemudian acara di lanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi lomba inovasi oleh Sekretaris Daerah, Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M.Sc dalam penyampaiannya mengemukakan apresiasi kepada seluruh peserta lomba dan yang terlibat di dalam terlaksananya acara ini.

Perlu diketahui bahwasanya lomba inovasi ini terdiri dari 2 kategori yaitu inovasi implementasi dan inovasi inisiatif. Ada 5 aspek dalam penilaian lomba yaitu Orisinalitas, kehebatan/daya guna, kerendahan biaya, penerapan serta pengembangan. Dari tahapan seleksi sebelumnya maka terpilihlah 10 peserta yang diberikan kesempatan untuk memaparkan inovasinya kepada dewan juri, ialah sebagai berikut.

Untuk kategori lomba inovasi implementasi, ada 5 inovator yang melakukan presentasi dan wawancara yaitu :

  1. Optimalisasi Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Melalui Batola Single Service (BSS) Pada Pemerintah Kabupaten Barito Kuala oleh Irfan Rachmady, S.KOM.
  2. Program Pembinaan Perangkat Desa Melalui Sistem Penilaian Kinerja Perangkat Desa Individu (SAKTI) Pada Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala oleh Eko Purnama Sakti, S.STP, M.Si.
  3. Inggawi SENAM wan Buncu Jajanan behujuNG (SENAM BUJANG) UPT Puskesmas Kuripan oleh Lisna Sari Dewi, A.MD Kep.
  4. Aplikasi SI APDATE (Sistem Informasi Pajak Daerah Terintegrasi) oleh Lolyta Apriantie, M.IP.
  5. Inovasi TULANG PASTERUKUR (Tera Ulang Pasar Tertib Ukur) Pengelolaan Pasar Tertib Ukur Dengan Tera/Tera Ulang Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya di Pasar Marabahan Kabupaten Barito Kuala oleh Surono, S.SOS.

Dan dari kategori lomba inovasi inisiatif, ada 5 inovator yang melakukan presentasi dan wawancara yaitu :

  1. GEMA SI BU LINDA (Gerakan Menabung Si Ibu Untuk Persalinan di Desa) oleh Sri Wahyuning Dyas, Amd.Keb.
  2. Optimalisasi sistem pembiayaan persalinan di Kabupaten Barito Kuala melalui SIBERKAT (Simpanan Ibu Bersalin yang Bersinergi untuk masyarakat) oleh Candra Wijaya, S.SI,M.SC.APT.
  3. Pengelolaan Sampah Desa Melalui MASPINLAPAH (Masyarakat Pintar Mengolah Sampah) Desa Tabukan Raya Pada Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala oleh Abdi Maulana, SSTP, M.Si.
  4. Program Pengembangan Produksi Padi dan Jagung Melalui Kegiatan Sumber Anakan Turiang (SU-ANANG) dan Tanaman Sela (TA-SELA) oleh Ghozali Ansyah.
  5. “SIMPEDU JASIRA” Sistem Informasi Perencanaan Terpadu Jaringan Irigasi Rawa oleh Saprani, ST.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *