Workshop Penggunaan Aplikasi Perizinan Terpadu Satu Pintu Kecamatan (PATEN) Zona 2

Workshop Penggunaan Aplikasi Perizinan Terpadu Satu Pintu Kecamatan (PATEN) Zona 2

Simulasi Penggunaan Aplikasi PATEN

Marabahan- Guna memudahkan pelayanan masyarakat di era modern seperti sekarang ini perlu adanya inovasi layanan administrasi dan publik berbasis elektronik. Hal itulah yang menjadi latar belakang adanya Aplikasi Perizinan Terpadu Satu Pintu Kecamatan (PATEN) yang tertuang dalam RKPD 2021 yaitu Meningkatkan Kualitas Pelayanan Untuk Kesetaraan. Maka dari itu Bappelitbang bersama dengan Diskominfo berkomitmen mewujudkannya melalui pelatihan penggunaan Aplikasi tersebut pada hari Kamis, (11/11/2021) Pagi di Aula Bappelitbang Barito Kuala.

Adapun kegiatan ini adalah lanjutan dari Workshop Zona 1 yang telah di selenggarakan sebelumnya di Aula Kecamatan Anjir Muara, Untuk Zona 2 ini di hadiri oleh Kecamatan Tabukan, Kecamatan Barambai, Kecamatan Kuripan, Kecamatan Bakumpai, Kecamatan Marabahan, Kecamatan Cerbon, Kecamatan Mekarsari, Kecamatan Rantau Badauh dan  Kecamatan Wanaraya.

Acara di buka oleh sambutan Plt. Kepala Bappelitbang, Munadi, ST mengatakan harapanya  “bahwa aplikasi sudah seragam dan dapat dikuasai dengan baik serta menghimbau peserta untuk serius dalam mengikuti kegiatan ini.” Ucapnya.

Kemudian diteruskan paparan oleh Kabid Litbang, Sugimin, SKM. M.KES mengenai kenapa PATEN wajib harus ada. Hal tersebut dikarenakan Fakta dan Kondisi wilayah Barito Kuala yang saling berjauhan. Dengan adanya Aplikasi PATEN ini di harapkan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dulunya hanya terfokus di kabupaten sekarang dapat di akses di kecamatan masing-masing dengan lebih mudah, murah dan cepat.

“Kita ingin nantinya Kecamatan menjadi pusat pelayanan, sehingga dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.” Pungkasnya.

“PATEN itu tidak milik Bappelitbang, Diskominfo, Organisasi, dan Tata Pemerintahan melainkan milik bersama sehingga perlu adanya kolaborasi dari keempat pilar tersebut” Tambahnya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penjelasann dari Diskominfo mengenai bagaimana cara mengoprasikan Aplikasi PATEN serta di adakanya simulasi dan diskusi pengunaan aplikasi tersebut. Acara pun selesai di tutup dengan sesi foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *